Kamis, 29 September 2011

Mengapa Kita Harus Memprediksi Nilai Uang di Masa Depan?

Bohong sekali bila ada orang yang berkata bahwa dia tidak membutuhkan uang. Layaknya sepasang kekasih yang lagi kasmaran yang tak ingin berpisah satu sama lain, manusia dengan uang begitu juga adanya. Uang menjadi sarana bagi umat manusia untuk mendapatkan apa yang diinginkan, unag digunakan untuk mendapatkan rumah, makanan, dan banyak kebutuhan lainnya.

Tanpa disadari tak jarang manusia lupa akan dirinya jika dibanjiri dengan uang. Hal ini membuat manusia menjadi sosok yang lemah,, sadarkah mereka bahwa sanya uang adalah hasil dari pemikiran manusia ? Jika manusia paham betul dengan asal muasal uang, yakinlah tak kan ada yang korupsi.

Setiap tahunnya angka inflasi selalu menanjak, dan tak jarang nilai mata uang pun berangsur-angsur naik. Dalam hal ini kita sebagai masyarakat hendaknya memperhatikan keberadaan uang dan bagaimana menjaga nilai uang tersebut.

Sebagai contoh, jika pada tahun 1985 dengan uang Rp 50 sudah bisa digunakan untuk membeli semangkok bubur. Tapi di tahun 2011 kita tidak akan menemukan semangkok bubur dengan harga Rp 50, bahkan uang Rp 50 juga sudah jarang ditemukan. Jadi jika kita menyimpan uang di celengan senilai Rp 1juta pada tahun 1980-an yang pada saat itu sudah bisa digunakan untuk membeli tanah yang luas, namun jika uang dalam celengan itu tetap hingga sekarang, maka nilainya akan turun, uang Rp 1juta tersebut pada saat ini tidak akan bisa digunakan lagi untuk membeli tanah yang luas pada saat ini.

Oleh karena nilai uang bisa terus menurun, ada baiknya kita mengetahui ataupun memprediksi bagaimana nilai uang di masa depan. Agar tidak terjadi kerugian dan hal-hal lainnya yang tidak diinginkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar